Review Buku Aku Suka Belajar: Kuman dan Parasit

0
497

“Meskipun ditujukan untuk anak-anak, namun buku Aku Suka Belajar: Kuman & Parasit ini bisa dibilang cukup informatif untuk remaja atau dewasa.”

DATA BUKU

– Judul Buku: Aku Suka Belajar: Kuman & Parasit
– Jenis Buku: Buku Anak
– Genre: Educomic (Komik Pendidikan)
– Penulis: Nam Chunja – Yi Seunghi – Kim Eunyeong
– Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
– Bahasa: Indonesia
– Cetakan Pertama: 2008
– Tebal Buku: 65 halaman
– Dimensi Buku (P x L): 20 × 28,5 cm
– No. ISBN: 978-979-074-003-7
– Website Resmi Penerbit: http://bhuanailmupopuler.multiply.com
– Harga: Rp.55.000 (Harga Update Maret 2010)

KARAKTER UTAMA

– Tomi
– Gita
– Robo

SINOPSIS

Ketika sedang mengupil, Tomi bertemu dengan Robo, sebuah robot nano dari masa depan. Robo bercerita bahwa ada bakteri jahat dari masa depan yang bersembunyi di dalam tubuh ibu Tomi dan Gita. Tomi dan adiknya, Gita masuk ke dalam tubuh ibu mereka bersama Robo. Dimulailah perjalanan mereka mengejar bakteri jahat sambil belajar tentang kuman dan parasit pada tubuh manusia. Apakah mereka berhasil menangkap bakteri jahat itu dan keluar dari tubuh ibu mereka? Ayo kita ikuti bersama petualangan seru mereka!

REVIEW BUKU AKU SUKA BELAJAR: KUMAN & PARASIT

Buku ini adalah suatu educomic, yaitu komik yang bertemakan fakta-fakta pendidikan atau sains. Dalam komik berjudul “Aku Suka Belajar: Kuman & Parasit” ini, Anda akan diperkenalkan tentang kuman atau parasit di dalam tubuh manusia. Yang membuatnya sangat menarik adalah pengemasannya menggunakan karakter kartun anak-anak yang lucu. Bahasa yang digunakan pun sesuai untuk kalangan anak-anak tingkat sekolah dasar.

Tokoh kartun yang digunakan kali ini adalah robot bernama Robo, dan kakak-adik Tomi dan Gita. Robo datang dari masa depan yang bisa mengecilkan ukurannya, sehingga bisa masuk dan berkeliling di dalam tubuh manusia. Maksud kedatangan Robo adalah menangkap bakteri jahat yang melarikan diri dari masa depan, yang ternyata telah berada di dalam tubuh ibu dari Tomi dan Gita. Robo pun mengajak Tomi dan Gita masuk kedalam tubuh ibunya, untuk menangkap bakteri jahat tersebut.

Dari perjalanan inilah mereka mendapatkan banyak informasi tentang mikroorganisme yang hidup didalam tubuh manusia. Tomi dan Gita tidak hanya belajar tentang jenis-jenis bakteri yang ada, tetapi sampai kepada penyakit apa yang dapat ditimbulkan oleh bakteri tersebut. Dan yang menjadi nilai tambah bagi buku ini adalah diberikannya informasi cara pencegahan bakteri/virus bisa masuk ke tubuh manusia. Dengan demikian anak-anak dapat mengetahui bahaya, dan sekaligus cara pencegahan berbagai penyakit misalnya sakit gigi, sakit perut, sampai masalah jerawat.

Buku Aku Suka Belajar  Kuman & Parasit ini adalah buku terjemahan dari bahasa Korea, dengan penulisnya adalah kelompok “Fourth Dimension” yang terdiri dari Nam Chunja, Yi Seunghi, Kim Eunyeong. Mereka telah banyak menulis komik dalam bahasa Korea tentang pelajaran, sejarah, dan esai sekolah, salah satunya adalah buku seri Aku Suka Belajar lainnya, yaitu Aku Suka Belajar: Tubuh Manusia. Sedangkan ilustrator buku ini adalah Choe Gyeongeun, seorang seniman yang suka menggambar ilustrasi, komik, dan animasi untuk buku-buku ilmu pengetahuan berbahasa Korea.

Meskipun ditujukan untuk anak-anak, namun buku ini bisa dibilang cukup informatif untuk remaja atau dewasa. Pada tiap bab disajikan “fakta jempolan”, yang membuat pembaca akan semakin tertarik mengikuti seluruh petualangan tokoh utamanya.

Gimana, bagus ya bukunya? Semoga review buku Aku Suka Belajar: Kuman & Parasit dari Kitareview.com ini bisa bermanfaat. Yuks berpetualang bersama! =)

(Marcell/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here